Sabtu, 27 April 2013

Dampak Negatif Internet bagi Pelajar

Berbicara mengenai dampak negatif internet bagi pelajar sangatlah kompleks. Beragam permasalahan dan fenomena terkait hal tersebut telah dapat kita lihat, kita rasakan, dan kita hadapi saat ini. Jika kita rinci, terlalu banyak pengaruh negatif dari internet, namun untuk lebih mudahnya, dapat kita klasifikasikan sebagai berikut:

Dampak Negatif Internet bagi Pelajar
Kecanduan
Internet dapat membuat pelajar lupa waktu. Tidak jarang para pelajar bolos sekolah untuk mendapatkan waktu ekstra agar dapat menikmati kesenangannya dalam dunia internet. Kadang, mereka juga mulai berani berbohong kepada orang tua untuk mendapatkan uang saku tambahan, sekaligus juga meningalkan kewajiban dan tugas-tugas sekolah karena waktu untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tersita oleh kesenangannya bergelut dengan dunia maya, khususnya di warnet yang kurang ketat pengawasannya.

Perilaku Sosial Menyimpang
Internet juga sering memicu perilaku sosial yang menyimpang. di satu sisi,pelajar yang terlalu menyukai internet cenderung senang menyendiri, kurang senang bergaul, dan kurang peduli dengan sesama. Sementara itu pada sisi lain, dengan kebebasan mengakses beragam berita serta hiburan, pelajar yang terlalu intens mengakses internet dapat mengadopsi aneka bentuk kekerasan sehingga lebih mudah terprovokasi.

P0rn0gr4fi dan P0rn04ksi
Tingkat yang juga mengkhawatirkan dari dampak negatif internet bagi pelajar adalah ketagihan melihat film dan video yang berbau p0rn0gr4fi dan p0rn04ksi. Beragam upaya untuk memblokir situs-situs seperti itu memang telah dilakukan namun pada kenyataannya, masih banyak celah bagi mereka untuk mengaksesnya. Lebih parahnya, pada tahapan selanjutnya, pelajar sering berusaha dan mencoba mempraktekkannya sendiri.

Itulah sekilas tentang dampak negatif internet bagi pelajar. Memang semua dampak tersebut sangat tergantung dari individu, akan tetapi dengan pengawasan yang baik serta pemberian pemahaman yang tepat bagi mereka, dampak-dampak tersebut dapat kita cegah sedini mungkin. Masih banyak hal-hal positif yang dapat diambil dari keberadaan internet. Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.